Langsung ke konten utama

Flow Map: Pengertian, simbol dan contoh kasus

FLOW MAP: PENGERTIAN, SIMBOL DAN CONTOH KASUS

Pengertian Flow Map

Flow Map adalah sebuah aliran data berbentuk dokumen atau formulir didalam suatu sitem informasi yang merupakan suatu aktivitas yang saling terkait dalam hubungannya dengan kebutuhan data dan informasi. Proses aliran dokumen ini dapat terjadi dengan entitas di luar sistem.

Simbol-Simbol Flow Map

Contoh kasus Flow Map

Prosedur pembayaran di rumah makan

-Pembeli memberikan data pesanan ke kasir
-Petugas kasir menginputkan pesanan
-Petugas kasir menghitung total pembayaran pesanan
-Petugas kasir memberikan rincian total pembayaran dari pemesanan kepada pembeli
-Pembeli melakukan pembayaran barang kepada kasir
-Petugas kasir menginputkan data pembayaran
-Petugas kasir melakukan pencetakan bon
-Pembeli menerima bon pembayaran dari petugas kasir

Flow Map prosedur pembayaran di rumah makan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arsitektur Perangkat Lunak

A rsitektur Perangkat Lunak             Arsitektur perangkat lunak adalah sekumpulan pernyataan yang menggambarkan komponen perangkat lunak dan fungsi-fungsi yang ada pada komponen tersebut. Ia menggambarkan struktur teknis, batasan-batasan, ciri-ciri, serta antarmuka pada komponen-komponen tersebut. Arsitektur merupakan rancangan fisik sistem dan oleh karena itu membutuhkan rencana yang matang pada saat pembuatannya (Krafzig et al, 2004).           Menurut Erl (2009), ada tiga elemen yang saling berkaitan erat ketika berbicara tentang arsitektur perangkat lunak. Pertama adalah arsitektur teknologi, yaitu desain fisik dari suatu perangkat lunak. Kedua adalah infrastruktur teknologi, yaitu lingkungan pendukung yang termasuk di dalamnya perangkat keras dan perangkat lunak. Ketiga adalah perangkat lunak itu sendiri. Berikut adalah diagram sederhana yang memperlihatkan keterkaitan ketiga elemen tersebut.  Gambar 1.1   Hubungan arsitektur, infrastruktur, dan perangkat l

Software design notation

Software design notation   Notasi desain digunakan untuk perancangan perangkat lunak yang dapat mendeskripsikan tujuan suatu perangkat lunak, dikategorikan ke dalam notasi Structural Descriptions (Statis) dan Behavioral Descriptions (Dinamis) Structural Descriptions Structural Descriptions menggambarkan dan mewakili aspek structural dari perancangan perangkat lunak 1.       Class Diagram: Untuk mewakili sekumpulan kelas (dan objek) dan keterkaitannya AS 2.       Entity-relationship diagrams (ERD) : U ntuk menggambarkan mode l konseptual data yang disimpan dalam sistem informasi 3.       Structure charts : U ntuk menggambarkan struktur pemanggilan program , Menguraikan komponen utama menjadi bagian bagian kecil , Digunakan dalam analisis sistem terstruktur/desain terstruktur , Setiap grafik merupakan suatu proses . Behavioral Descriptions Behavioral Descriptions digunakan untuk menggambarkan perilaku dinamis perangkat lunak dan komponen