Langsung ke konten utama

Software design notation

Software design notation 
Notasi desain digunakan untuk perancangan perangkat lunak yang dapat mendeskripsikan tujuan suatu perangkat lunak, dikategorikan ke dalam notasi Structural Descriptions (Statis) dan Behavioral Descriptions (Dinamis)

Structural Descriptions
Structural Descriptions menggambarkan dan mewakili aspek structural dari perancangan perangkat lunak
1.      Class Diagram: Untuk mewakili sekumpulan kelas (dan objek) dan keterkaitannyaAS

2.      Entity-relationship diagrams (ERD) : Untuk menggambarkan model konseptual data yang disimpan dalam sistem informasi


3.      Structure charts: Untuk menggambarkan struktur pemanggilan program, Menguraikan komponen utama menjadi bagian bagian kecil, Digunakan dalam analisis sistem terstruktur/desain terstruktur, Setiap grafik merupakan suatu proses.


Behavioral Descriptions
Behavioral Descriptions digunakan untuk menggambarkan perilaku dinamis perangkat lunak dan komponen
1.      Data flow diagrams (DFD): Merepresentasikan sebuah system atau perangkat lunak pada beberapa level abstraksi dan untuk mengambarkan aliran data dalam sistem, sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut, dan tempat penyimpanan datanya.

2.      Activity Diagrams : Digunakan Untuk Menunjukkan Aliran Kontrol Dari Aktivitas

3.      Flowchart: merupakan diagram alir yang menunjukkan apa yang terjadi dalam suatu program dan bagaimana data mengalir di sekitarnya. Flowchart dapat mewakili proses bisnis, menunjukkan keputusan yang diambil dan hasil dari keputusan itu


4.      Sequence diagram: digunakan untuk menunjukkan interaksi di antara sekelompok objek, dengan penekanan pada urutan waktu pesan.

5.      Pseudocode : Notasi desain yang berkaitan erat dengan bagaimana logika suatu program akan bekerja, umumnya pada tahap desain terperinci, perilaku prosedur atau metode.
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flow Map: Pengertian, simbol dan contoh kasus

FLOW MAP: PENGERTIAN, SIMBOL DAN CONTOH KASUS Pengertian Flow Map Flow Map adalah sebuah aliran data berbentuk dokumen atau formulir didalam suatu sitem informasi yang merupakan suatu aktivitas yang saling terkait dalam hubungannya dengan kebutuhan data dan informasi. Proses aliran dokumen ini dapat terjadi dengan entitas di luar sistem. Simbol-Simbol Flow Map Contoh kasus Flow Map Prosedur pembayaran di rumah makan - Pembeli memberikan data pesanan ke kasir -Petugas kasir menginputkan pesanan -Petugas kasir menghitung total pembayaran pesanan -Petugas kasir memberikan rincian total pembayaran dari pemesanan kepada pembeli -Pembeli melakukan pembayaran barang kepada kasir -Petugas kasir menginputkan data pembayaran -Petugas kasir melakukan pencetakan bon -Pembeli menerima bon pembayaran dari petugas kasir Flow Map prosedur pembayaran di rumah makan

Arsitektur Perangkat Lunak

A rsitektur Perangkat Lunak             Arsitektur perangkat lunak adalah sekumpulan pernyataan yang menggambarkan komponen perangkat lunak dan fungsi-fungsi yang ada pada komponen tersebut. Ia menggambarkan struktur teknis, batasan-batasan, ciri-ciri, serta antarmuka pada komponen-komponen tersebut. Arsitektur merupakan rancangan fisik sistem dan oleh karena itu membutuhkan rencana yang matang pada saat pembuatannya (Krafzig et al, 2004).           Menurut Erl (2009), ada tiga elemen yang saling berkaitan erat ketika berbicara tentang arsitektur perangkat lunak. Pertama adalah arsitektur teknologi, yaitu desain fisik dari suatu perangkat lunak. Kedua adalah infrastruktur teknologi, yaitu lingkungan pendukung yang termasuk di dalamnya perangkat keras dan perangkat lunak. Ketiga adalah perangkat lunak itu sendiri. Berikut adalah diagram sederhana yang memperlihatkan keterkaitan ketiga elemen tersebut.  Gambar 1.1   Hubungan arsitektur, infrastruktur, dan perangkat l